Tes MotoGP™ Qatar Hari Pertama Jadi Milik Francesco Bagnaia

Desmosedici GP meredam Aprilia RS-GP, sekaligus mengirimkan sinyal kuat akan dominasi pabrikan Ducati pada 2024

Wajah-wajah familier sekali lagi menghiasi puncak timesheet setelah Tes MotoGP™ Qatar hari pertama. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) unjuk kecepatan dengan waktu lap 1:52.040. Sang Juara Dunia bertahan mengungguli rival musim lalu, Jorge Martin (Prima Pramac Racing), yang mana keduanya hanya terpaut 0,220 detik. Aleix Espargaro membawa Aprilia mengimbangi GP24 untuk P3.

Hari pertama Tes Qatar di Sirkuit Internasional Lusail dimulai lambat. Kondisi trek yang kurang ideal menghambat para pembalap untuk catatkan lap time. Angin turut memberikan dampak. Alhasil butuh beberapa waktu untuk meletakkan karet ban di permukaan lintasan yang baru. Namun, begitu matahari terbenan, ada banyak time attack. Bagnaia memimpin, meski torehannya belum dapat mematahkan rekor lap 1:51:762 yang dipegang Luca Marini saat Q2 di GP Qatar 2023.

Ducati Lenovo Team, Prima Pramac Racing, Pertamina Enduro VR46 Racing Team & Gresini Racing

Momentum Ducati dari Tes Sepang nampaknya tak mengendur. Pengujian terfokus yang berpusat pada penyempurnaan mesin baru, sembari mengevaluasi berbagai fairing dan set-up knalpot. Bagnaia dan Enea Bastianini (Ducati Lenovo Team) menggunakan motor spek 2024. Keduanya pun tanpa kesulitan menemukan kecepatan dalam kecepatan satu lap.

Perform gemilang Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduro VR46 Racing Team) terus berlanjut. Diggia mengklaim P5, sementara Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46 Racing Team) mendapati dirinya berada di luar 10 besar. Pada kubu Gresini Racing, Alex Marquez posisi ketujuh, sedangkan Marc Marquez menempati P16. Juara Dunia delapan kali ini melahap 58 lap. Itu berarti, ia kini telah mencatat lebih dari 280 lap di atas Desmosedici GP23 tanpa mengalami kecelakaan.

Aprilia Racing & Trackhouse Racing

Debut dengan livery anyar, Aprilia RS-G_24 memperlihatkan kinerja kompetitif sepanjang hari pertama Tes Qatar. Maverick Vinales (Aprilia Racing) menghabiskan sebagian besar waktunya di P1, sebelum merosot ke posisi keenam. Sementara rekan setim Aleix Espargaro berhasil menembus tiga besar.

Pada satu tahap, tiga RS-GP sempat menguasai tiga teratas dalam timesheet. Raul Fernandez (Trackhouse Racing) melakukan upaya brilian untuk bergabung dengan rekan-rekan pembalap pabrikan Noale, sebelum akhirnya merampungkan pengujian di P12.

Red Bull KTM Factory Racing & Red Bull GASGAS Tech3

Ada banyak dorongan dalam catatan waktu RC16. Brad Binder menempati posisi ketiga, sedangkan Jack Miller (Red Bull KTM Factory Racing) dan rookie Pedro Acosta (Red Bull GASGAS Tech3) mencatatkan 1:52. El Tiburon bahkan menempuh sebanyak 73 lap. Tetapi, rasa frustrasi kembali menghampiri Augusto Fernandez (Red Bull GASGAS Tech3). Juara Dunia Moto2™ 2022 ini hanya mampu P20. Spaniard bahkan juga mengalami kecelakaan, selain beberapa masalah teknis yang dialami pada awal Tes Qatar.

Dari sudut pandang pengujian, pabrikan Austria cukup sibuk dengan dua spesifikasi mesin baru ditambah serangkaian set-up aero yang berbeda dalam program tes, meski tampaknya air intake baru belum menarik perhatian para pembalap.

Repsol Honda Team & LCR Honda

Ada banyak alasan untuk tersenyum jika Anda adalah penggemar Honda, karena tampaknya pabrikan Jepang telah menemukan sejumlah peningkatan pada RC213V. Johann Zarco (Castrol Honda LCR) berhasil menghuni P9. Ia melakukan time attack dengan menggunakan aero dan sayap baru yang dibawa Honda ke Tes Qatar. Luca Marini (Repsol Honda Team) meminta downforce ditingkatkan dan tim segera meresponsnya. Honda sepertinya juga telah memilih mesin baru, sementara keempat penunggang RC213V menggunakan swingarm anyar yang dibuat secara in-house.

Monster Energy Yamaha MotoGP™

Setelah mengklaim 10 besar, Selasa akan menjadi hari yang intens bagi Fabio Quartararo. Sebab, bintang Yamaha itu mencari cara untuk membuat M1 melaju lebih mulus, dan meningkatkan daya cengkeram dalam hal time attack. Ini adalah masalah besar yang dihadapi pabrikan Iwata. Juara Dunia MotoGP™ 2021 itu sendiri meyakini, pihaknya masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mencapai langkah berikutnya.

Welcome to the new age!

Anything can happen at the #QatarTest, so don’t miss the exclusive coverage with After the Flag LIVE on VideoPass! Gear up for the upcoming 2024 season!

Subscribe Now!