Rookie MotoGP™ Pedro Acosta Terus Menuai Pujian

Sang pembalap Red Bull GASGAS Tech3 menjadi pusat perhatian menyusul performa impresifnya selama Tes Sepang

Pedro Acosta adalah bintang baru MotoGP™ yan mencuri panggung sepanjang kiprahnya di Kejuaraan Dunia sejauh ini. Spaniard muda bahkan telah mengoleksi dua titel. Pertama, gelar Moto3™ 2021 pada musim debutnya. Dan kedua mengklaim kesuksesan sebagai Juara Dunia Moto2™ 2023. Secara keseluruhan, pembalap pendatang baru Red Bull GASGAS Tech3 ini belum selesai, karena ia kini bertekad untuk menaklukkan kelas premier.

Itu mungkin saja terjadi mengingat catatan waktu Acosta saat Tes Sepang mengundang decak kagum. El Tiburon bahkan juga mencatatkan simulasi Spint yang lebih cepat dibandingkan Juara Dunia MotoGP™ dua kali, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team).

Namamu di Bendera Kotak-kotak!

Cantumkan nama Anda di Bendera Kotak-kotak #QatarGP pada 2024!

Temukan lebih banyak

Pemegang delapan titel Kejuaraan Dunia, Marc Marquez, tak segan melontarkan pujian terhadap #31. "Dia kencang, itu tidak mengejutkan saya.

“Ketika Anda datang dari Moto2™, jika Anda melihat sejarah, Anda memiliki corner speed, dan kecepatan, dan titik bawah sadar yang juga bekerja dengan baik, melaju sangat cepat. Di sirkuit ini ada tahapannya, kalau lihat saat (Fabio) Quartararo debut, (Johann) Zarco, saat saya debut, Bagnaia debut dan saya tidak tahu apakah dia yang pertama di tes ini, dia unggul. Anda datang dari Moto2™, dan Anda memiliki kecepatan yang kemudian Anda hilangkan dan Anda mendapatkan poin lainnya. Masuk akal, Anda terus terjatuh dan Anda melihat bahwa ketika Anda menyentuh permukaan lintasan, Anda menjadi lebih cepat. Acosta sangat bagus, tahun ini, jika tidak di setiap balapan dia akan tampil menonjol dalam banyak balapan.”

Pujian turut dicetuskan oleh pembalap senior dan kompatriot, Aleix Espargaro (Aprilia Racing), yang angkat topi atas kinerja gemilang juniornya itu.

“Talentanya luar biasa. Sejak dia tiba di Kejuaraan Dunia, dia telah melakukan hal-hal luar biasa. Ini baru ketiga kalinya dia berada di Sepang. Kedua kalinya mengendarai motor MotoGP™. Ketika Anda melihatnya di trek, saya berkendara bersamanya beberapa lap, dan Anda melihat racing line yang dia ambil, itu bukan racing line rookie. Sulit dipercaya betapa cepatnya dia belajar, jadi jelas dia akan menjadi salah satu yang harus diperhatikan sepanjang musim ini.”

Di sisi lain garasi Red Bull GASGAS Tech3, Augusto Fernandez mengalami masa-masa sulit di Sepang. Kendati demikian, ia bersyukur rekan setimnya menemukan pijakannya lebih awal.

“Berkat dia melaju cepat, saya sudah bisa menyalin beberapa hal. Elektronik, contohnya, yang di mana kami kehilangan itu. Saya sudah menyalinnya. Saya akan bangun, jika saya tersesat, dia akan membantu saya. Tapi tentu saja, saya harus mengalahkannya. Ini tahun kedua saya dan tahun pertamanya, dan saya harus mengalahkannya, dan itu mempengaruhi saya, tapi saya ingin mengalahkannya.”

Penampilan apik Acosta turut menarik perhatian Manajer Tim Red Bull KTM Factory Racing, Francesco Guidotti, yang mengaku terkejut dengan perkembangan pesatnya.

"Saya pikir dia telah membuat kagum semua orang, termasuk saya! Ini bukan hanya tentang performa dan kecepatan, tetapi juga tentang komentar teknisnya. Seolah-olah dia sudah mengenal motornya sejak lama. Saya terkejut dengan penampilannya. Saya sangat senang bahwa dia akan menjadi bagian dari keluarga."

Acosta akan bekerja sama dengan Paul Trevathan sepanjang musim mendatang, dan sang Crew Chief memberikan wawasan yang sangat bagus tentang bagaimana rasanya bekerja dengan pembalap berusia 19 tahun itu.

"Apa yang bisa saya katakan? Kita semua mengharapkan kurva pembelajaran yang curam, namun dia sangat mengesankan saya dengan apa yang telah dia capai dalam waktu singkat. Dia terbuka untuk menerima informasi, dia sangat tertarik untuk mencoba hal yang berbeda. Dia seperti spons, dia dapat menerima segalanya dan mengubahnya menjadi mencobanya di trek dan mempelajari apa cara terbaiknya.

“Kami mendukungnya, kami menunjukkan dia menggunakan pengalaman kami untuk mencoba membantunya mempercepat proses, tapi terkadang dia sedikit lebih cepat dari kami jadi ya, itu mengesankan. Dia adalah karakter yang sangat, sangat terbuka, Anda tahu itu membuatnya sangat mudah. Menurut saya, dia ingin semua orang bersikap jujur dan jujur, baik dan buruk, jadi ini membuatnya sangat, sangat mudah. Jadi, saya menikmati bekerja dengannya.

“Dia seperti jiwa tua dalam tubuh muda, Anda tahu dia sangat dewasa untuk usianya menurut saya. Dia sangat yakin dengan apa yang dia inginkan dan bagaimana dia ingin mencapainya. Itu menetapkan target apa yang ingin kami berdua capai dan itu sangat-sangat mudah. Kami hanya bekerja sehari-hari, jadi kami belum menetapkan target, bahkan belum membicarakannya. Tapi saya tahu tujuan utamanya! Ini sangat jelas. Dia di sini hanya karena satu alasan.”